• November 8, 2021

5 Hal Mengenai Refined Sugar yang Wajib Kamu Pahami

Refined sugar alias gula rafinasi merupakan jenis gula yang digunakan untuk bahan baku pada industri makanan dan minuman. Perlu diperhatikan bahwa jenis gula ini harus dikonsumsi dalam batas yang wajar sehingga kita bisa tetap fit dan terhindar dari risiko adanya penuaan dini, obesitas, serta diabetes. Nah, apa saja sih hal yang perlu kita ketahui tentang refined sugar? Berikut ini 5 ulasannya!

  1. Berasal dari gula bit dan gula tebu

Jadi, refined sugar alias gula rafinasi merupakan jenis gula yang terbuat dari gula bit serta gula tebu. Selain itu, refined sugar juga diperuntukkan khusus untuk industri-industri makanan dan minuman. Apalagi, ada berbagai jenis makanan dan minuman yang menggunakan refined sugar. Beberapa contohnya seperti soda, sereal, jus buah, es krim coklat, permen, kue, yoghurt, dan lain sebagainya.

  1. Memiliki dua jenis

Ada dua jenis gula rafinasi yang bisa kita temui, yakni gula meja atau yang lebih dikenal sebagai sukrosa dan sirup jagung tinggi fruktosa alias high fructose corn syrup (HFCS). Maka dari itu, refined sugar bukan hanya berfungsi untuk menambah rasa, melainkan juga untuk dijadikan sebagai pengawet, misalnya saja pada selai maupun jelly.

  1. Berbeda dari gula biasa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, refined sugar dikhususkan untuk keperluan pengolahan makanan dan minuman dalam lingkup industri. Dan jika dibandingkan dengan gula biasa, proses pembuatannya juga memiliki perbedaan. Soalnya, gula biasa terbuat dari gula mentah.

  1. Gula rafinasi melalui proses yang lebih kompleks

Makanya, gula ini menjadi hasil olahan pertama yang dikenal sebagai sukrosa dan telah disintesis dari tebu. Gula ini belum bisa kita konsumsi secara langsung. Sementara itu, refined sugar justru terbuat dari kristal gula mentah yang telah di rendah dan dilembutkan. Hal ini membuat lapisan coklatnya menghilang dan kristalnya menjadi bersih.

  1. Gula rafinasi tidak memiliki kalori

Tidak ada kandungan kalori pada refined sugar. Apalagi, gula ini juga tidak memiliki kandungan vitamin, mineral, protein, lemak, serat, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.