• April 26, 2021

Kritikan Zaskia Mecca soal Bangunkan Sahur Pakai Toa Masjid Viral, Hanung Bramantyo Buka Suara

Artis Zaskia Mecca protes soal cara membangunkan sahur melalui teriakan suara toa masjid. Istri sutradara kondang, Hanung Bramantyo ini mengaku terganggu dengan cara membangunkan sahur melalui toa masjid di kampungnya. Sebelumnya melalui akun Instagramnya pada Rabu (21/4/2021), ia mengungkapkan kekesalannya lantaran mendengar cara membangunkan sahur melalui toa masjid.

Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? ," ungkap Zaskia. Zaskia menulis caption tersebut dalam video rekaman ketika teriakan sahur tersebut disiarkan di toa masjid. Ia mempermasalahkan soal etika membangunkan orang dengan cara berteriak dengan nada yang tak enak didengar oleh telinga.

Walaupun sedang tren cara membangunkan sahur dengan sedikit banyolan, namun artis berhijab ini menyinggung atas nama negara Indonesia. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?! ," ungkap Zaskia. Ia mengaku kaget dengan cara pemuda di kampungnya ketika membangunkan sahur.

Ibu lima anak ini menganggap cara bangunkan sahur dengan banyolan adalah hal yang tidak lucu dan tidak etis. Terlebih lagi, ia juga menganggap dengan cara itu maka tidak menghargai orang lain. Aku yang asing, atau situasi yang semakin asing yaa… buat ku ko ngga lucu, ga etis, ga menghargai orang lain.., " ungkap Zaskia

Setelah postingannya viral dan menuai pro dan kontra, Hanung Bramantyo langsung buka suara. Pasangan selebriti ini dianggap sebagai orang yang anti terhadap aktivitas warga membangunkan sahur. Lantaran hal itu, Hanung berusaha meluruskan kesalahpahaman perihal cara membangunkan sahur.

Hal diketahui melalui video dalam kanal Cumi cumi yang tayang pada Minggu, (25/4/2021). "Itu salah besar, di dalam steatment nya Zaskia di dalam instagramnya itu jelas Zaskia hanya mempertanyakan soal apakah ini etis apa tidak," ungkap Hanung. Hanung berpesan kepada netizen supaya melihat baik baik postingan video Zaskia Adya Mecca.

Selain itu, Hanung meminta netizen untuk mengkroscek kembali video tersebut. Sutradara film ini mengaku terkejut dengan cara membangunkan sahur di kampungnya itu. Ia tak menganggap bahwa cara berteriak di toa masjid tersebut adalah tradisi ramadhan.

Hanung beserta istri dan anak anaknya sempat tinggal di Jogja beberapa waktu yang lalu. Keluarganya telah melewati ramadhan tahun 2020 di Kota Yogyakarta. Namun, pada saat dirinya berada di Jogja, Hanung tak mendengar cara orang membangunkan sahur dengan berteriak di toa masjid.

Sehingga ia tidak melakukan protes pada saat itu. "Tradisi ramadhan dengan bedug, keliling kampung, karena kemarin pas pandemi kami tinggal di Jogja kami juga menghadapi hal yang sama, dan kami tidak melakukan protes apapun," ungkap Hanung. "Pada pagi itu kami begitu kaget karena pengucapan lafaz membangunkan sahur betul betul di luar kebiasaan yang kami dengar," timpal Hanung.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.